Kamis, 26 April 2012

Perkembangan Teknologi Informasi

  1. Sejarah Teknologi Informasi
Sejarah dari teknologi informasi ada 3 tahap yaitu Natural/Manual, Mekanis, dan Elektronis yang saling berurutan perkembangannya.
  1. Natural / Manual : Cara penyampaian atau penyebaran informasi masih secara manual dengan tangan manusia.
Dimulai dari jaman purba, manusia menggambar di sebuah batu , goa. Kemudian berlanjut ke jaman Cina/Mesir/Romawi mulai menggunakan media lempung dan kertas dan pada jaman itulah mulai ditemukannya abacus atau semacam sempoa. Dan pada abad 17-18 Slide rule sudah mulai digunakan. Namun itu semua cara penggunaannya masih mengandalkan banyak sekali campur tangan manusia, alat atau media hanya sedikit membantu
  1. Mekanis : Peralatan mekanik yang digerakkan oleh tangan manusia
Peralatan – peralatan mekanis telah diciptakan guna membantu kebutuhan manusia namun masih harus dikendalikan oleh manusia untuk menjalankannya
  1. Elektronis : Peralatan yang bekerja secara elektronik
Hanya dengan sedikit saja campur tangan manusia peralatan elektronik ini sudah bisa menghasilkan apa yan diinginkan manusia
Komputer adalah contoh peralatan elektronik yang terus berkembang dan menjadi kebutuhan hidup manusia di seluruh dunia.
  1. Perkembangan IT (Komputer)
Komputer adalah suatu peralatan elektronis yang sampai sekarang menjadi kebutuhan bagi semua manusia. Perkembangan komputer terbagi menjadi 4 tahap (Generasi) yaitu : Komputer Generasi I, Komputer Generasi II, Komputer Generasi III, Komputer Generasi IV
  1. Komputer Generasi I
Pada Komputer Generasi I komponen utamanya yang digunakan adalah tabung hampa yang berukuran sangat besar, membutuhkan daya listrik yang sangat besar sehingga cepat panas dan memerlukan banyak pendingin. Di samping itu prosesnya juga lumayan lambat.
  1. Komputer Generasi II
Pada Komputer Generasi II, Transistor sudah mulai digunakan sebagai pengganti tabung hampa. Dengan ukuran transistor yang lebih kecil dari tabung hampa maka ukuran komputernya pun lebih kecil dari generasi pertama. Memori yang digunakan sudah cukup besar dibanding generasi pertama dan bahasa mesin telah diganti dengan assembly.
  1. Komputer Generasi III
Di Generasi ke III, komputer sudah tidak menggunakan hanya transistor saja, melainkan menggunakan IC yang merupakan gabungan dari tiga komponen yaitu transistor, resistor dan japasitor dalam sebuah piringan kecil.
  1. Komputer Generasi IV
Komputer Generasi IV pengembangannya dari generasi sebelumnya yaitu mengecilkan ukuran komponen-komponennya, Bagaimana memuat banyak komponen dalam sebuah chip kecil.
  1. Klasifikasi / Pengelompokan Komputer
  1. Supercomputer
Kumpulan dari banyak processor yang diletakkan di dalam wadah seperti lemari yang berjumlah banyak sehingga mampu memproses sampai 1 milyar proses setiap detiknya. Biasanya digunakan pada tempat dimana dibutuhkan komputer dengan kemampuan tinggi misalnya di milier, peramal cuaca dan sebagainya.
  1. Mainframe
1 Mainframe tersimpan di sebuah tempat khusus dan mengendalikan semua proses dari berbagai komputer yang terhubung dengannya. Mainframe bisa disebut induk dari komputer sedangkan anaknya hanya punya keyboard dan monitor.
  1. Workstation
Komputer tingkat tinggi yang biasanya digunakan untuk perhitungan yang kompleks, berbagai operasi matematik, desain dan manufaktur.
  1. Microcomputer
Micro computer adalah komputer dengan komponen micro, seperti komputer yang kita pakai sekarang ini, namun tidak hanya sebatas itu, PDA (Personal Data Assistant) juga bisa dikategorikan sebagai microcomputer
  1. Microcontroller
Sama halnya dengan microcomputer cuman microcontroller tidak secanggih microcomputer. Microcontroller hanya bekerja untuk hal tertentu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar